Pemerintah Indonesi Telah Menerima Konfirmasi Kehadiran 17 Kepala Negara di KTT G20

G20

READ.ID – Pemerintah Indonesia hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 kepala negara pada KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang.

Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI adalah 36 orang dari total 41 peserta.

Sayangnya, kepala negara Brazil dan Mexico telah menginformasikan, tidak dapat hadir. Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico.

Sedangkan, Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual. Begitu juga, Presiden Ukraina akan berpartisipasi secara virtual.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali.

Dari pihak undangan, Kepala Negara Fiji juga tidak dapat hadir karena tengah menjalani pemilihan umum. Namun akan mengirimkan utusan khusus.

Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60