Pemkab Blitar Targetkan Vaksinisasi Akhir Oktober Selesai

Pemkab Blitar

READ.ID,BLITAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Komando TNI Angkatan Laut Armada II, melakukan Serbuan Vaksinasi Maritim di Blitar Raya sebagai upaya percepatan vaksinasi penanganan Covid-19 untuk membentuk Herd Imunity dan pemulihan ekonomi nasional.

Serbuan vaksinasi tersebut menyiapkan 30.000 dosis dengan jenis vaksin Sinovac dan Astra zeneca. Kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 14-15 oktober di halaman Kantor Bupati Kabupaten Blitar, dengan melibatkan 225 Nakes dari tiga Rumah Sakit (RS), yaitu RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, RSUD Srengat serta RS Medika Utama. Jumat (15/10/2021).

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Dr Christine Indrawati, pihaknya mendapatkan bantuan Vaksinasi dari TNI AL Koarmada II sebanyak 30.000 dosis.

“Vaksinasi dipusatkan di Alun-alun Pemkab Blitar, sebanyak 6000 dosis telah disiapkan, kemudian sisanya sebanyak 24.000 dosis kita sebar ke 24 Puskesmas di seluruh Kabupaten Blitar,”ujar Christine.

Sasarannya, Dr. Christine menegaskan, semua kalangan, jadi pelajar maupun masyarakat umum yang belum vaksin pertama maupun kedua dipersilahkan.

“Target perhari Tiga ribu dosis, namun jika antusias masyarakat yang datang melebihi, tetap dilayani. Dan saat ini Kabupaten Blitar untuk pencapaian vaksinasi sudah 56 persen, belum di hitung vaksinasi yang dilaksanakan saat ini serentak diseluruh Puskesmas,”tegasnya.

Mengenai program jemput bola di dusun menurutnya efektif, tetapi tergantung dari kultur dan letak geografis daerah tersebut.

“Kalau dilihat dari efektifitas lebih efektif tetapi kalau dilihat dari capaian jumlahnya masih kurang. Seperti yang disampaikan Bupati Rini Syarifah, akhir Oktober target 70 persen untuk vaksinasi harus tercapai, sehingga masyarakat yang sudah di vaksin terbentuk Herd Imunitynya, dan perekonomian di Kabupaten Blitar serta Indonesia pada umumnya segera pulih kembali.”pungkasnya.(adv/kmf/didik)