Pemkab Bone Bolango Tingkatkan Kualitas E-Monep Berbasis Website

E-Monep Bone Bolango

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango (Bonebol), berupaya meningkatkan kualitas penerapan Elektronik Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (e-Monep) berbasis website.

Hal itu disampaikan Sekda Bonebol Ishak Ntoma, saat membuka kegiatan Bimtek e-Monep Berbasis Website tingkat kabupaten, di Maqna Hotel, Gorontalo, Minggu (7/3/2021) malam.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau good government, menjadi komitmen bersama kita dalam hal mewujudkan pelayanan publik berdasarkan pada asas-asas umum,” ucap Ishak.

Sebagaimana, kata Ishak, yang diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 58 tentang Pemerintah Daerah, yang mengatur asas-asas umum.

“Mengingat ini sudah diamanatkan oleh undang-Undang, maka sebagai aparatur sipil negara, kita wajib menjadi yang terdepan dalam payanan publik,” ujarnya.

Selanjutnya, menurut Ishak, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 276 disebutkan bahwa kepala daerah wajib melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pembangunan.

“Dengan demikian, bimtek e-Monep tingkat Kabupaten Bone Bolango hari ini adalah bagian dari amanat tersebut. Serta melakukan evaluasi tentang sejauh mana serapan anggaran yang dimanfaatkan dalam pelayanan publik,” bebernya.

Menurutnya, Pemkab Bonebol sudah berkomitmen untuk melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan percepatan pembangunan daerah agar perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat.

“Tentunya dengan memperkuat sistem perlindungan sosial, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan dan peningkatan infrastruktur desa, serta layanan dasar publik,” ungkap Ishak.

Sehingga, imbuhnya, visi kepala daerah, dalam mewujudkan Bone Bolango Maju Cemerlang, dapat tercapat.

(SAS/RL/Read)