Pemkab Pohuwato Minta BWSS Perhatikan DAS di Wilayahnya

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, meminta kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo, untuk memperhatikan Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah mereka.

Permintaan tesebut, disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Suharsi Igrisa, bersama Kadis PU, Camat Paguat dan Dengilo serta Kepala Desa Huta Moputih juga Karya baru, bertempat di ruang meeting Kantor BWS Sulawesi II Provinsi Gorontalo, Kamis (12/082021).

Pada kesempatan itu, Suharsi Igrisa menyampaikan maksud kedatangan mereka, bertujuan untuk membahas tentang penanganan sungai yang ada di Kecamatan Paguat dan Dengilo, di mana pada 15 Juni kemarin, terjadi banjir yang mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.

“Ini tentunya yang di harapkan Pemerintah dan masyarakat setempat agar dapat di lakukan pengerukan,” ungkapnya.

Suharsi menjelaskan, dengan badan sungai yang tidak dapat mengimbangi debit air dari hulu, bukan hanya pengerukan yang dilakukan, pihaknya juga memita agar membangun tanggul yang panjangnya berkisar 500 meter, untuk memhambat luapan air ketika terjadi banjir.

Dirinya menambahkan, Kepala BWS mengatakan, memang secara masif apapun yang terjadi di kabupaten/kota, pihaknya akan turunkan tim kelapangan untuk mengidentifikasi awal.

Kemudian, terkait pembangunan permanen dan non-permanen nanti ditindaklanjuti oleh teman-teman fisik, dan untuk tanggap darurat, perlu dukungan dan diperkuat dengan surat dari Pemkab,

“Alhamdulilah sudah ada penjelasan dari Kepala balai dan kami berharap untuk penanganan darurat agar segera di tindak lanjuti,” tandasnya.

(JK/Read)