Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Pohuwato Gelar Upacara dan Tabur Bunga

Pemkab Pohuwato Tabur Bunga

READ.ID – Memperingati Hari Pahlawan 10 November Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggelar upacara dan tabur bunga di laut sekitar pelabuhan penyebrangan Marisa yang berada di Kecamatan Paguat.

Kegiatan tersebut dihadiri pulah pleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Kamis (10/11/2022)

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga Selaku Inspektur upacara menyampaikan, peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya itu dilkukan untuk merenungi serta menemukan kembali ingatan tentang jasa para pahlawan terjadap bangsa dan tanah air.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa, dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,”ungkapnya

Selanjutnya, dijelaskan Saipul, hanya dengan berbekal bambu runcing, para pahlawan serempak menghalau penjajah yang pemenang perang dunia dengan menggunakan senjatan terbaik.

Pada saat itu juga kata Saipul, rakyat bersatu dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama berikut pengikut dan santrinya, laskar-laskar pemuda pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu dengan niat merdeka atau mati.

“Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga,”imbuhnya

Ditambahkan Saipul, upaya tersebut dilakukan para pahlawan untuk dengan mengorbankan segalanya bahkan nyawa untuk menyiapkan masa depan anak dan cucu kandung revolusi Indonesia.

Sehingganya, Saipul mengajak semua pihak, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta saling menghargai satu sama lain, dan mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60