Sekda Roni Sampir Sampaikan Kesiapan Pemilu Kabupaten Gorontalo Pada Rapat Forkopimda

Kesiapan Pemilu Kabupaten Gorontalo

banner 468x60

READ.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, menyampaikan kondisi kesiapan pemilu di Kabupaten Gorontalo pada Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Rapat tersebut mengecek persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan langkah-langkah yang telah diambil demi stabilitas penyelenggaraan pesta demokrasi.

banner 468x60

Dr. Roni Sampir menyampaikan, distribusi logistik Pemilu di Kabupaten Gorontalo akan dilaksanakan pada tanggal 12, H-2 sebelum pemungutan suara.

“Alhamdulillah, logistik akan didistribusikan pada tanggal 12. Pemerintah daerah siap untuk berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, dan Polri,” ujar Dr. Roni Sampir, Jumat (9/2/2024), di Limboto.

Rapat tersebut berlangsung online diperluas melalui zoom meeting dari Rudis Gubernur Gorontalo.

Sekda Roni Sampir menyatakan, langkah terkait pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan masa tenang yang dimulai pada tanggal 10.

“Pada malam tanggal 10 Februari, jam 11.00 malam, semua APK harus sudah dibersihkan. Pemerintah daerah akan berkolaborasi dengan TNI, Polri, KPU, utamanya Bawaslu untuk melaksanakan pembersihan ini,” tambahnya.

Selain itu, Pemkab Gorontalo melalui Didukcapil sedang melakukan perekaman E-KTP bagi pemilih yang belum terekam agar bisa menggunakan hak pilihnya. Perekaman berlangsung tanggal 5 sampai dengan 13 Februari atau H-1 Pemilu.

“Kami telah menurunkan sekitar 12 tim untuk tugas ini, dan hingga saat ini, 99,6% pemilih sudah terekam. Kami optimis bahwa hingga tanggal 13 Februari, semua rekaman E-Ktp akan selesai,” ungkapnya.

Terkait kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang telah diskrining kesehatannya. Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan juga menyiapkan pos-pos kesehatan di setiap Puskesmas, dan tim mobile akan diposisikan di kecamatan. Adanya call center emergency dengan nomor 119 bebas pulsa juga telah disiapkan untuk mengatasi situasi darurat.

“Kami telah berupaya maksimal untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Gorontalo. Semua elemen, termasuk masyarakat, diharapkan dapat berpartisipasi aktif untuk memastikan suksesnya Pemilu kali ini,” pungkas Dr. Roni Sampir.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60