Usulan Musrenbang Dapil 1 Kabupaten Blitar Banyak Prioritaskan Infrastruktur

READ.ID, BLITAR – Usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Blitar banyak memprioritaskan pembangunan infrastruktur.

Dapil I ini meliputi Kecamatan Bakung, Kecamatan Wonotirto, Kecamatan Kademangan, dan Kecamatan Kanigoro.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, saat ditemui usai pelaksanaan Musrenbang Dapil I mengatakan infrastruktur memang menjadi prioritas.

Pasalnya, banyak sekali infrastruktur di daerah setempat yang rusak. Pembangunan jalan serta jembatan merupakan contoh sarana bagi masyarakat yang perlu dibenahi.Tetapi untuk saat ini, tidak bisa direalisasikan.

“Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, yang diusulkan tahun lalu dan sudah direncanakan, mau refocushing ternyata kena relokasi. Ini menjadi gambaran betapa tidak pasti perencanaan ini. Apa yang dirancang semua kena refocushing” jelasnya, Kamis(18/03/2021).

Suwito mengharapkan dalam musrembang
jangan hanya ada lima usulan, misalnya. Kalau bisa usulannya diperbanyak. Hal ini sebagai bentuk antisipasi apabila ada pembatasan anggaran yang besar.

“Kalau terjadi pembatasan anggaran yang besar, masih banyak alternatif yang bisa direalisasikan dan diberikan kepada masyarakat desa yang usul,” terangnya.

Lanjutnya, keterbatasan anggaran ini tidak hanya terjadi di pemerintah kabupaten, tetapi juga di desa. Semua anggaran banyak bergeser untuk penanganan Covid-19.

Dirinya menuturkan pembangunan infrastruktur yang penting yaitu pembangunan jalan lintas selatan atau Pantai Selatan (Pansela). Itu juga diyakininya mampu menghilangkan kesenjangan ekonomi antara daerah di utara dengan selatan.

“Pansela ini adalah pekerjaan pemerintah kabupaten dalam hal ini PU. Sumber pendanaannya juga besar, dan tidak mungkin dimasukkan ke dalam musrenbang, harus ada perencanaan khusus, karena Pansela ini membutuhkan anggaran yang sangat besar,” tegasnya.

Diakhir wawancara, Suwito berharap agar permasalahan yang ada, semuanya cepat berakhir dan bisa dilewati.

“Itu sangat penting bagi masyarakat sehingga perekonomian dapat berjalan lancar,” ucapnya.

Pada musrembang itu, ada juga pengusulan wisata dan pertanian sebagai salah satu kawasan strategis.

Dalam mewujudkan segala usulan maupun mengatasi segala permasalahan yang timbul, Suwito berharap desa dan pemerintah kabupaten bisa bersinergi.

(DPRD/Adv/Didik)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version