Wabup Bone Bolango harap Jaring Desa dapat membantu turunkan Angka Kemiskinan

wabup Bone Bolango

READ.ID – Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango Merlan Uloli berharap jaring desa dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi angka kemiskinan di kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya walau pun Bone Bolango menjadi kabupaten digital, akan percuma jika angka kemiskinannya masih berada pada angka yang cukup tinggi.

Wabup mengungkapkan saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango terbilang cukup tinggi yaitu mencapai lebih dari 15%, dan hal ini menurutnya membutuhkan kerjasama dari seluruh pemerintah yang terkait.

“Saya mau minta tolong angka kemiskinan ini harus turun, tidak bisa stak di lima belas koma sekian persen, dan ini butuh kerjasama dari kita semua,” ujar Wabup Merlan Uloli saat menghadiri sosialisasi jaring desa dengan seluruh camat dan kepala desa di kabupaten Bone Bolango. Selasa (9/11/2021)

Ia pun berharap, kepada seluruh pemerintah desa maupun kecamatan untuk menggunakan data kemiskinan sebagai rujukan dari seluruh program yang ada di desa.

“jangan disimpan data kemiskinannya, data yang ada ini menjadi rujukan untuk intervensi masyarakat miskin kepada para camat, para kepala Kelurahan, dan para kepala desa,” tegasnya

Sementara itu, Merlan Uloli juga mengungkapkan, tim penanggulangan kemiskinan daerah khususnya berada di kabupaten Bone Bolango telah hampir 10 tahun mati suri, dan baru-baru saja aktif kembali usai dilakukan rapat koordinasi.

“Kemarin pengurusnya hanya dibentuk tapi tidak berjalan programnya, tapi kemarin kita sudah rapat koordinasi dan sekarang mulai lagi bangkit tim penanggulangan kemiskinan daerah di kabupaten Bone Bolango yang dinding sektornya adalah camat, Kepala Kelurahan dan kepala desa. Ini yang menjadi dinding sektornya harus turun langsung, tidak bisa tidak,” tegas Merlan Uloli

“tadi malam saya sudah bicara dengan bidang statistik, kemudian juga kemarin dari tim penanganan data kemiskinan. Kita akan berkolaborasi, kita berharap di akhir pemerintahan kami, kita bisa menurunkan paling tidak 2 persen dari angka kemiskinan saat ini,” jelasnya

Maka dari itu, Menurutnya program Jaring Desa ini bisa menjadi satu pintu masuk untuk bagaimana pemerintah kabupaten Bone Bolango bisa mengintervensi masalah kemiskinan yang ada di daerah.

“Sehebat apapun yang kita dapat, sekuat apapun infrastruktur yang kita buat, tetapi kalau tingkat kemiskinan tidak pernah bergeser atau tidak pernah turun ke bawah. pemerintahan tetap dianggap gagal dan saya tidak mau di dalam pemerintahan itu membawa kegagalan, paling tidak sedikit harus ada yang berubah dari tingkat kemiskinan itu,” Tandasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60