Wagub Gorontalo Canangkan Gema Lindas PD3I

READ.ID,  – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mencanangkan Gerakan Masyarakat Lindungi Anak dari Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (Gema Lindas PD3I) di gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Kamis (2/5/2019). Pencanangan Gema Lindas PD3I yang dirangkaikan dengan wisuda anak balita yang telah lengkap imunisasinya merupakan rangkaian kegiatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2019 tingkat Provinsi Gorontalo.

Idris Rahim mengapresiasi berbagai keberhasilan yang dicapai dalam pembangunan kesehatan melalui program imunisasi seperti eradikasi cacar, polio, serta eliminasi tetanus maternal dan neonatal.

“Kita bersyukur telah melengkapi program imunisasi dengan antigen yang dapat mencegah berbagai penyakit PD3I seperti campak, diphtery, pertusis, polio, hepatitis B, meningitis, pneumoni dan japanese encephalitis,” kata Idris.

Idris mengingatkan agar seluruh jajaran kesehatan untuk terus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk meningkatkan cakupan, jangkauan dan kualitas pelayanan imunisasi agar tidak muncul lagi kasus atau kejadian luar biasa PD3I.

Terkait pelaksanaan program imunisasi, menurut Idris tantangan yang dihadapi oleh pemerintah khususnya jajaran kesehatan, di antaranya masalah pasokan vaksin, isu negatif tentang vaksin, serta minimnya pengetahuan sebagian masyarakat tentang manfaat imunisasi.

“Tantangan ini harus kita sikapi dengan tepat dan sungguh-sungguh agar hambatan pada pelaksanaan program imunisasi dapat dihindari, sehingga kita dapat mewujudkan pelayanan imunisasi yang bermutu dengan cakupan yang tinggi dan merata,” ujar Wagub Idris Rahim.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan komitmen bersama terhadap penerapan sertifikat imunisasi sebagai salah satu persyaratan masuk sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD). Komitmen bersama ditandatangani oleh Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Gorontalo, serta Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota.****

 

 

 

 

 

Related Post

TRENDING TOPIC

TRENDING POST