Wali Kota Marten Taha Jadi Peserta Forum 100 CEO di Istana Negara

100 CEO

READ.ID – Ajang 100 CEO menjadi pertemuan strategis bagi para pemangku kepentingan, baik institusi pemerintah maupun swasta. Agenda yang dihelat di istana negara (Jumat 02/12/2022).

Kegiatan ini merupakan pertemuan yang ke-13 oleh media Kompas Grub dengan tajuk, membuat terang di tahun mendatang.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menjadi salah satu undangan dari 10 kepala daerah yang diundang dalam pertemuan itu.

“Ada 7 arah kebijakan yang menjadi fokus pertemuan, salah satu berkaitan peluang dalam rangka pemulihan di tahun 2023”, ucap Marten usai menghadiri forum 100 Ceo.

Dihadapan Presiden RI, Marten memaparkan terkait kebijakan yang tempuh Pemerintah Kota Gorontalo sejak pandemi Covid-19 sampai dengan sekarang ini. Kesemuanya itu terbilang sukses dilakukan, karena mampu mendorong daya beli masyarakat.

“Dan kalau bicara soal pemulihan pasca pandemi, Pemerintah Kota Gorontalo kami sampaikan dihadapan Presiden RI bisa dikatakan sukses. Karena kami dalam proses pemulihan pasca pandemi, melibatkan semua unsur termasuk masyarakat”, ungkap Marten.

Termasuk, kata Marten, bagaimana Pemerintah Kota Gorontalo tetap menjaga stabilitas ekonomi daerah di tengah proses pemulihan, dan meningkatkan daya beli masyarakat melalui pelaksanaan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Misal, kami memasifkan penyaluran bantuan, pengobatan gratis yang dibuka diseluruh wilayah, memberikan bantuan modal usaha juga melaksanakan pasar murah dan lain sebagainya,” terang Marten.

Berkaitan dengan pengendalian inflasi di daerah, Presiden RI Joko Widodo sendiri bangga dengan Kota Gorontalo. Karena mampu mengukir prestasi di tengah masa sulit, dan prestasi itu di tingkat regional Sulawesi.

Pada kesempatan itu Wali Kota paparkan bahwa, keberhasilan tersebut berkat dukungan seluruh unsur terkait terutama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Kota Gorontalo, yang sudah bekerja maksimal.

“Saya sampaikan kepada Pak Presiden RI, keberhasilan Pemerintah Kota Gorontalo mengendalikan inflasi diwujudkan dengan prestasi melalui TPID Award, yang kami raih di tingkat regional Sulawesi ketiga kalinya dan diikuti 81 daerah ..,”

“Kepada Presiden RI, saya juga katakan bahwa kesuksesan Pemerintah Kota Gorontalo itu tidak luput dari pelaksanaan program unggulan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan perikanan budidaya, melalui kegiatan Moheyinga To’Ponula atau disingkat MT yang sukses meningkatkan daya beli masyarakat ..,”

“Pemerintah Kota Gorontalo berhasil mengedalikan inflasi pada angka 2,59 persen atau Year on Year, dan senantiasa masih berada dalam kisaran target Nasional sebesar 3 plus minus 1 persen atau YOY,” pungkas Marten.

Kegiatan tersebut berlangsung dua sesi. Sesi pertama diskusi panel dengan dihadiri tiga narasumber masing-masing Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kemudian sesi kedua dialog dengan Presiden RI Joko Widodo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60