Adnan Entengo : Edukasi Terhadap Antisipasi Rawan Bencana Bagi Masyarakat Penting

Rawan Bencana

READ.ID- Anggota komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Adnan Entengo menyebut bahwa berdasarkan data yang dimiliki, saat ini daerah Gorontalo termasuk dalam daerah yang rawan terhadap bencana.

Sehingga, pemerintah terus melakukan antisipasi tentang datangnya bencana.


banner 468x60

“Namun, kita berdoa mudah-mudahan bencana tersebut dapat dijauhkan dari daerah ini”, ucap Adnan Entengo, usai ditemui pada acara Rapat Koordinasi Daerah Penanggulangan Bencana Provinsi Gorontalo Tahun 2023, Kamis (16/3/2023).

Adnan Entengo pun menekankan, bahwa hal penting yang perlu dilakukan dalam kegiatan ini, adalah kolaborasi seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan instansi provinsi/kabupaten/kota, untuk mengahadirkan tim reaksi cepat.

“Kami bersyukur, hal tersebut saat ini sedang dalam proses pelaksanaan”, ucap Adnan.

Tidak hanya itu, bagi Adnan yang paling penting dalam penanggulangan bencana adalah memberikan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya melalui program desa tangguh bencana.

Menurutnya, desa tangguh bencana sendiri, merupakan salah satu antisipasi dalam penanggulangan bencana di Provinsi Gorontalo.

“Artinya, melalui desa tangguh bencana masyarakat dapat mengetahui sejak dini, tentang penanggulangan bencana, terutama bagi daerah-daerah yang masuk dalam rawan bencana”, sebut Adnan.

Contohnya, kata politisi PKS ini, untuk gempa bumi, makaada daerah yang masuk dalam lempengan. Sehingga, sejak awal masyarakat sudah menyadari bahwa tidak boleh membangun rumah konstruksi mudah rapuh.

“Sehingga, dibutuhkan edukasi terhadap masyarakat terkait hal ini”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90