Bupati Gorontalo Utara Minta OPD Monitoring dan Bina Pegawainya

Gorontalo Utara

READ.ID – Bupati Gorontalo Utara, (Gorut) Indra Yasin, meminta kepada setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk memonitoring dan membina para pegawainya.

Indra mengatakan, monitoring dan pembinaan ini, dilakukan kepada para pegawai terkait dengan masalah laporan keuangan, mulai dari pengelolaan, pengeluaran sampai penerimaan secara mendetail.

“Ini penting, karena masalah keuangan itu sangat sensitif sehingga pengawasan secara internal ini harus dilakukan mulai dari pengelolaannya, pengeluaran, dan sampai penerimaan datanya mesti detail,” kata Indra, usai membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Grand Q Hotel, Senin, (02/08/2021).

Indra juga menjelaskan, terkait untuk monitoring dan pembinaan, harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

“Karena jangan sampai ketika dia melakukan pengawasan tapi malah bertentangan dengan ketentuan aturan yang ada, sehingga ini menjadi masalah baru lagi,” imbuhnya

Dirinya menambahkan, hal ini juga berpengaruh terhadap assesment dan evaluasi yang dilakukan oleh pihak eksternal yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Olehnya itu, kalau pengawasan dan pembinaan ini kita permantab maka pemeriksaan-pemeriksaan kedepan yang dilakukan oleh pihak luar saya kira ini akan mudah karena kita sudah punya data yang kuat,” tandasnya. (Adv/Nurhidayanti).