DPRD Provinsi Gorontalo Tingkatkan Koordinasi Dalam Penanganan Bencana

Bencana Gorontalo

READ.ID – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Gorontalo sepakat meningkatkan koordinasi dengan beberapa instansi menyangkut penanganan bencana alam. Diantaranya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, dan Basarnas Gorontalo.

Hal ini dikatakan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi, saat melakukan kunjungan kerja di kantor Pos Basarnas Kwandang Gorontalo Utara, Selasa (23/2/2021).

Sofyan mengatakan, pentingnya koordinasi antar beberapa instansi dalam penanganan bencana alam, saat berada dilapangan. Sebab, warga yang menjadi sasaran dalam memberikan pertolongan yang pertama, diharapkan agar Basarnas menjadi pertama dalam penyelamatan nyawa.

“Olehnya, kami menginginkan dengan adanya dukungan fungsi dari pihak DPRD Provinsi Gorontalo, sebagai lembaga penganggaran, pengawasan, dan evaluasi untuk mendorong pemerintah terhadap program kegiatan dari Basarnas sendiri,” ungkap Sofyan.

Apabila ada yang masih kurang, kata Sofyan, maka pihaknya akan meminta tim anggaran pemerintah untuk membantu tim koordinasi dalam penanganan bencana itu sendiri.

Politisi Nasdem ini juga meminta, dengan koordinasi yang baik maka proses penanganan bencana juga akan terlaksana dengan lancar. Sebab, jika sewaktu-waktu terjadi bencana, maka stakholder ini bisa saling berkoordinasi dilapangan.

“Yang paling utama, adalah memberikan pertolongan keselamatan bagi warga. Dan jelas, tugas Basarnas sendiri adalah menyangkut penyelamatan nyawa orang, dan selanjutnya menjadi tugas dari BPBD dan Dinas Sosial,” ucap Sofyan.

Sementara itu, Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo I Made Junetra menyambut baik kedatangan komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo. Ia menilai, dukungan yang diberikan kepada Basarnas, menjadi semangat dalam menjalankan tugas di halaman.

“Kami berharap juga, adanya koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan instansi terkait, termasuk dengan pihak DPRD Provinsi Gorontalo,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia pun berharap kepada anggota dewan untuk dapat mengawal semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Basarnas Gorontalo.

(Rinto/Read)