Kadispar Bolmut: Promosi Pariwisata BKSU Butuh Keterlibatan Semua Pihak

Promosi Pariwisata BKSU

READ.ID – Pengembangan dan promosi sektor pariwisata diempat daerah yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) diharapkan menjadi perhatian serius oleh semua pihak termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh, Kepala Dinas Pariwisata Bolmong Utara, Mohamad Noh Djarumia usai menghadiri kegiatan Focuss Group Discussion BKSU yang berlangsung di Pulau Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara, dalam rangkaian Festival Pesona Saronde 2021.

“Jadi konektivitas kawasan daerah Utara-utara ini harus benar-benar menjadi perhatian semua pihak termasuk dari Kementerian terkait dalam hal ini Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Mohamad

Ia menambahkan bahwa dalam hasil forum BKSU ini telah disepakati tiga poin penting, diantaranya pertama membuat desain perencanaan bersama terkait pengembangan berkelanjutan dalam kawasan Utara-Utara.

Sebelumnya Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu mengatakan keempat daerah yang tergabung dalam BKSU ini memiliki event unggulan yang berbeda.

Seperti misalnya Gorontalo Utara ada Festival Saronde, Buol destinasi unggulan dan Bone Bolango pun demikian, termasuk Bolaang Mongondow Utara.

“Itu diserahkan kepada masing-masing daerah terkait penetapan event Pariwisatanya,” ujarnya.

Namun dalam pertemuan itu, BKSU menyepakati suatu konsep yang terintegrasi bahwa ketika ada festival di masing-masing daerah yang tergabung di dalam BKSU, maka harus dihadiri oleh empat daerah tadi.

“Artinya dalam hal ini bagaimana empat Kabupaten ini, saling mendukung dan mensupport memberikan promosi Pariwisata,” ungkap Thariq Modanggu. (Rully)