TanggalApril 13, 2021

Rapat BKSU Bidang Kelautan dan Perikanan di Bolmut Lahirkan 3 Poin Penting

BKSU Bolmut

READ.ID (Bolmut) – Rapat kerja program Badan Kerja sama Utara-Utara (BKSU) Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021 kembali merumuskan 3 poin penting.

Rapat itu dipusatkan di Aula Gedung Wanita, Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Kecamatan Kaidipang, Kamis (18/02/2021).

Kegiatan resmi dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Amin Lasena.

Disampaikan oleh Wabup, tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan utara Sulawesi.

“Mendorong akselerasi pembangunan dengan prinsip saling memperkuat, sehingga diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” kata dia.

Kemudian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara kelestarian sumberdaya alam serta lingkungan dan mewujudkan kawasan terateis nasional perbatasan dari aspek ekonomi wilayah.

Diketahui, BKSU ini merumuskan 3 program unggulan, yaitu pengembangan pertanian, pengembangan potensi pariwisata, serta program kelautan dan perikanan.

Sehubungan dengan rapat bidang kelautan dan perikanan, disampaikan oleh Dirjen Perikanan pada rapat teknis lingkup Dirjen menghasilkan 3 poin penting.

Pertama, pengembangan budidaya perikanan tahun 2020-2024, menjadi prioritas dalam pembangunan sektor perikanan Indonesia melalui mode klaster.

Kedua, BKSU menjadi salah satu dari 50 titik prioritas untuk pengembangan klaster udang vaname.

Ketiga, tahun 2020 Direktorat Jendral perikanan budidaya, mengalokasikan percontohan pengembangan udang vaname, setiap daerah 10 hektar.

Pengembangan itu akan ditempatkan pada wilayah BKSU di Kabupaten Bolmut, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Buol, dan Kabupaten Bone Bolango.

(SVG/Read)