Kapala Bapppeda Kota Gorontalo Harap Warga Turut Sumbangkan Ide dan Aspirasi Pada RKPD

Warga Turut Sumbangkan Ide dan Aspirasi Pada RKPD

READ.ID – Kepala Bapppeda Kota Gorontalo Meydi N. Silangen berharap, kegiatan penyelenggaraan forum konsultasi publik (FKP) terkait rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), dapat dimaksimalkan warga untuk menyumbang ide pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan.

Meydi Silangen pun menuturkan, jika tujuan dilaksanakan kegiatan forum konsultasi publik ini, untuk menghimpun ide, aspirasi, saran dan harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah demi paripurnanya rencana kerja.

Tak hanya itu, bagi Meydi sendiri, peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat diwujudkan dalam bentuk kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat.

“Berperan aktif dalam penyusunan kebijakan pelayanan publik, yang dimulai sejak penyusunan kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan”, jelas Meydi, Selasa (21/2/2024).

Pihaknya menambahkan, dalam rangka pelaksanaan partisipasi masyarakat tersebut, perlu adanya koordinasi antara pemerintah dengan masyarakat sebagai bentuk pengguna layanan, yang diwadahi dalam bentuk forum konsultasi publik.

Lebih lanjut, Meydi menjelaskan, FKP terkait RKPD tahun 2025 kali ini mengusung tema, “Percepatam pembangunan infrastruktur untuk mendorong transformasi ekonomi berkelanjutan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN)”.

Selanjutnya, UU ini pun menyebutkan bahwa salah satu tujuan SPPN adalah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat, dalam rangka mengakomodasikan kepentingan masyarakat pada proses RKPD.

Ditambah lagi, hal ini merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri nomor 86 tahun 2017.

“Yang mengamanatkan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan”,¬†tandasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90