Kebun Kelapa Gorontalo Terbaik Di Indonesia

READ.ID – Kebun kelapa Gorontalo terbaik di Indonesia, pola tumpang sari kelapa dan jagung telah mendongkrak produktivitas kelapanya, jika rata-rata nasional 40 butir per pohon per tahun, produktivitas kelapa Gorontalo diperkirakan dua kali lipatnya.

Banyak pihak yang bertanya mengapa YESHU perusahaan dari China yang bergerak dalam bidang industri kelapa berkunjung ke kabupaten Gorontalo.

Padahal dari segi luas kabupaten Gorontalo berada pada urutan 37 nasional, jauh dibawah kabupaten Indragiri Hilir seluas 394.244 hektar terluas nasional dan Tanjung Jabung Timur 58.620 hektar. Gorontalo hanya 21.357 hektar.

“Saya belum pernah melihat kelapa sesubur ini di wilayah lain Indonesia,” kata Xavier Bonneau ahli tanaman dan perkebunan CIRAD Prancis, ketika ia sedang berkunjung ke Gorontalo.

Pola tumpang sari membuat pendapatan petani meningkat, dengan konsep ini petani pun tidak tergantung pada kelapa saat harga anjlok seperti saat ini.

Sudah saatnya tumpang sari diterapkan diperkebunan kelapa, bisa tanaman apa saja, jagung, coklat, pinang, kacang tanah serta tanaman lainnya.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version