Kekurangan Peneliti, BAPPEDA Provinsi Gorontalo Gandeng Perguruan Tinggi

READ.ID,- Badan Perencanaan, Penelitian, Pembangunan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo berencana akan menggandeng perguruan tinggi untuk mengisi kekurangan tenaga peneliti di pemerintahan.

Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki menjelaskan, kurangnya tenaga peneliti dan minimnya anggaran untuk sebuah penelitian yang masih menjadi kendala di setiap pemerintah daerah, baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah daerah akan membangun komunikasi dengan jaringan-jaringan peneliti, seperti yang ada di perguruan tinggi.

“ Kita ingin mendorong sebanyak-banyaknya, untuk memanfaatkan hasil-hasil Litbang yang dihasilkan oleh perguruan tinggi, yang memiliki anggaran untuk penelitian, sehingga pemerintah bisa sinkronkan antara yang menjadi penelitian mereka dapat bermanfaat bagi daerah, dan apa yang daerah butuhkan dapat diteliti sebagai bahan perbaikan kebijakan di setiap OPD (organisasi perangkat daerah),” jelas Budiyanto.

Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Kelitbangan se-Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel, Selasa (19/2/2019).

Menurut Budiyanto, rakor bertujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus untuk membangun sinergi dengan berbagai Kelitbangan di seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota terkait apa saja yang dibutuhkan.***

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.