TanggalApril 13, 2021

Masa depan IKA UNG, Sebuah Catatan Menjelang Kongres

Oleh: Ardi Wiranata Arsyad

Universitas merupakan sebuah kawah chandradimuka, tempat menempa 2 (dua) karakter, yaitu: cara pikir, berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, lalu budi pekerti (akhlak) mahasiswa/i yang nantinya akan hidup di tengah lingkungan masyarakatnya.

Sebuah perguruan tinggi ialah laboratorium pengembangan potensi yang akan menghasilkan manusia-manusia terdidik. Serta kelak menjadi manusia berguna dan juga sebagai penerus kepemimpinan masa depan bangsa.

Menjelang kongres IKA UNG ke 1 yang akan digelar pada tanggal 27-29 Maret 2021, ini merupakan sebuah gagasan produktif yang harus diapresiasi dan juga di dukung secara bersama-sama. Namun, ada beberapa hal penting yang harus perlu diperhatikan untuk kemajuan IKA UNG dimasa mendatang.

Pertama; Mengapa harus ada IKA UNG, apa tantangannya, dan bagaimana bisa menselaraskan dengan agenda UNG

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan universitas yang dikembangkan atas dasar perluasan mandat dari IKIP Negeri Gorontalo. Keberadaannya dimulai dari Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo.

Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo, yaitu 1 September 1963. UNG berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) dengan akreditasi peringkat B saat ini.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tidak hanya sebuah universitas/perguruan tinggi, tapi lebih dari itu. UNG merupakan sebuah amanah yang harus selalu dijaga dalam sanubari setiap alumninya.

Setelah menjadi alumni, bukan berarti tanggungjawab kita menjaga almamater ini selesai. Namun, menjadi alumni ialah tugas yang sangat berat dalam menjaga marwah dan citra ke-UNG-annya di tengah kehidupan bermasyarakat. ini sebuah tantangan yang mau tidak mau, alumni harus menyiapkan diri.

Gagasan kemunculan untuk membentuk organisasi Ikatan Keluarga Alumni (IKA) sebuah langkah progresif yang dilakukan oleh teman-teman alumni dan aktivis UNG saat ini.

Keinginan untuk membentuk Organisasi IKA ini ialah sebuah tanggung jawab alumni dalam mengakomodir kepentingan alumni serta menjaga marwah almamater UNG di masa mendatang.

Wadah IKA UNG ini juga harus dijadikan sebuah tempat untuk mensosialisasikan UNG dimasyarakat. IKA UNG harus mampu menselaraskan antara tujuan Universitas dengan agenda-agenda peting dalam memajukan Universitas. mengapa ini penting dilakukan ? karena IKA UNG menjadi cerminan atas kemajuan dan keunggulan Universitas dimata masyarakat dunia.

Kedua; Database alumni, pemetaan karir alumni, promosi alumni yang postgraduate.

Saat ini UNG memiliki mahasiswa kurang lebih 22 ribu orang, yang tersebar di 9 Fakultas dan 1 Jurusan Kedokteran. Jumlah ini merupakan angka yang sangat fantastis jika dibandingkan dengan universitas yang lainnya di wilayah Indonesia timur.

Apalagi dengan Jumlah Alumni yang saat ini sudah ribuan orang tersebar di hampir seluruh wilayah indonesia. Bahkan ada beberapa alumni yang sudah berada di posisi strategis, mulai dari Eksekutif, legislatif, birokrat, pekerja peofesional dan pengusaha.

Melihat kondisi ini, IKA UNG merupakan wadah baru dalam mengembangkan potensi serta kontribusi kepada UNG secara khusus dan Indonesia pada umumnya.

Selian hal di atas, database alumni ini penting diperhatikan, karena selain dapat memajukan almamater di wilayah masing-masing, keberadaan alumni juga sebagai perpanjangan tangan atau pembentuk jejaring kerja yang diharapkan dapat menciptakan ruangan kondusif dilingkungan kerja, sehingga memudahkan untuk para alumni lainnya terterima dilingkungan kerja yang sama.

lulusan UNG sudah menyebar baik secara geografis maupun instansi, olehnya itu database ini penting guna memberikan kemudahan bagi UNG dan jejaring kerja bagi lulusannya.

Ketiga; Kantor/Sekretariat IKA UNG

Sekretariat ataupun kantor IKA UNG ini penting dan perlu diseriusi. mengapa ini penting ? karena sekretariat ini dapat memperlancar lalu lintas distribusi informasi kepada semua pihak. pengamanan atas dokumen organisasi, mengelola dan memelihara dokumen organisasi serta manajemen organisasi itu sendiri. kesekretariatan merupakan salah satu unit terpenting dalam menjaga fungsi organisasi dimasa mendatang.

Keempat; IKA UNG harus Netral secara politik praktis IKA UNG jangan dilibatkan dalam kepentingan personal, ini penting dilakukan guna menjaga marwah kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama alumni. kedepannya, banyak momentum yang akan mempertemukan bahkan salIng mempertentangkan antara kepentingan sesama alumni.

Sebut saja, Pilkada, Pileg, dan Pemilu Pilpres. guna menghindari benturan kepentingan itu, maka perlu kiranya IKA UNG harus melepaskan diri dari kepentingan tersebut. Apalagi jika IKA UNG harus dilibatkan dalam kontestasi yang dapat mengganggu netralitas serta kerja-kerja organisasi.

Olehnya itu, Kongres IKA UNG yang akan digelar pada tanggal 27-29 Maret 2021 ini ialah sebuah lompatan awal yang harus diapresiasi, dijaga dan dikawal. Sehingganya, siapapun yang akan menahkodai dan juga diberikan amanah oleh para peserta kongres harus menyadari, bahwa IKA UNG merupakan rumah kita bersama, rumah temu persaudaraan demi kemajuan UNG dan masa depan Alumni.

Selamat berkongres