TanggalApril 13, 2021

Nasir Majid: Produk UMKM Harus Tersedia di Setiap Destinasi Wisata

umkm

READ.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Nasir Majid meminta dinas pariwisata setempat agar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus tersedia di setiap destinasi wisata di Gorontalo.

Nasir mengatakan, penyediaan wadah bagi pelaku UMKM di lokasi wisata agar memiliki sarana pemasaran bagi produk yang dihasilkannya.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, agar dapat menyediakan wadah bagi pelaku UMKM di setiap destinasi wisata di Gorontalo, untuk memasarkan produk,” ujar Nasir, Jumat (18/12/2020).

Ia menekankan, dukungan dan kolaborasi terhadap peningkatan kualitas dan sumber daya UMKM diharapkan menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga stabilitas ekonomi, mulai dari tingkat dusun, desa, kecamatan, kabupaten, sampai provinsi.

Anggota komisi dua DPRD ini juga meminta pihak pemerintah dapat melibatkan para pemuda dalam kegiatan pelatihan UMKM.

“Tak hanya itu, kebutuhan para pendamping dalam membimbing para pelaku UMKM, juga menjadi hal penting dalam mengembangkan produk yang akan dipasarkan,” ujar politisi Gerindra ini.

Bahkan, kata Nasir, dengan jumlah UMKM yang ada di Gorontalo hampir mencapai 60 ribu, bisa menjadi salah satu upaya pembangunan dalam mengatasi kemiskinan di Gorontalo.

“Olehnya, kami mendorong agar UMKM ini bisa maju dan berkembang, khususnya produk-produk lokal bisa menjadi produk unggulan. Kami berharap, para pelaku UMKM ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gorontalo,” pungkasnya.

(Rinto/Read)