Pelatihan Penangkaran Benih Padi Diharapkan Tingkatkan Sektor Pertanian di Pohuwato

Pertanian Pohuwato

READ.ID – Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga berharap kegiatan pelatihan penangkaran benih padi sawah yang diselenggarakan oleh PT. Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) di Kecamatan Buntulia, dapat meningkatkan sektor pertanian.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Saipul Mbuinga tersebut, juga turut dihadiri Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Gorontalo Ir. Nurbaya Gani, Rabu (16/06/2021).

Bupati Saipul Mbuinga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perusahaan yang telah melaksanakan pelatihan tersebut.

” Atas nama Pemerintah, saya memberikan apresiasi terhadap PT GSM dan berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini,”ungkap Bupati Saipul Mbuinga.

Selanjutnya Bupati Saipul Mbuinga mengatakan, kegiatan tersebut memiliki keterkaitan dengan visi-misi pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian.

Ia berharap, semoga melalui kegiatan ini akan membantu Pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Pohuwato sebagai lumbung pangan Provinsi Gorontalo.

” Pemkab Pohuwato melalui Dinas Pertanian, akan mendukung penuh kegiatan ini,”tutur Bupati Saipul Mbuinga

Disamping itu Kepala BPSB Provinsi Gorontalo, Ir. Nurbaya Gani menyampaikan saat ini Provinsi Gorontalo kekurangan benih padi untuk mengisi lahan pertanian yang ada.

Nurbaya memaparkan, saat ini tercatat tambahan benih yang didapat dari luar Provinsi Gorontalo kurang lebih 600 Ton dan juga belum dapat memenuhi kekurangan tersebut.

” Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa mengatasih kebutuhan benih di Provinsi Gorontalo,” harap Kepala BPSB itu.

Sementara itu Rivai selaku penganggung jawab CSR PT. GSM menjelaskan, pada kegiatan yang diikuti oleh 20 peserta tersebut, merupakan bentuk tanggung jawab sosial dari pihak perusahaan kepada masyarakat.

” Untuk Tahap Awal ini ada 20 orang, dan akan ada penambahan pada tahap selanjutnya,”pungkas Rivai.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Kadis Pertanian, Camat Buntulia, Ketua Apsenindo Pohuwato, Kades Buntulia Utara dan Kades Taluduyunu.

(JK/Read)

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version