Pemkab Boalemo Terus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pendidikan Boalemo, Darwis Moridu

READ.ID – Upaya kebijakan kepemimpinan Bupati Boalemo Darwis Moridu – Anas Yusuf untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten setempat terus diwujudkan dalam visi mewujudkan Boalemo yang cerdas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo, Sherman Moridu mengatakan, upaya pemerintah itu dibuktikan dengan adanya program kursus bahasa Inggris dan bahasa arab yang diberikan kepada siswa.

Ada pula program kampung bahasa yang diprogramkan di setiap kecamatan. Bahkan, mahasiswa asal daerah itu pun diberikan beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri seperti China dan Mesir.

Sherman memaparkan, terkait visi cerdas, saat ini visi Bupati Boalemo Darwis Moridu mengutus putra-putri terbaik Boalemo ke Kampung Inggris yang berada di Kediri untuk belajar dua Bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Arab selama kurang lebih enam bulan.

Saat ini Pemda Boalemo sudah dua kali Angkatan mengirim untuk belajar di Kediri.

“Mereka selama enam bulan belajar kursus. Ini kita berikan secara gratis kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Boalemo. Dengan dua kali Angkatan, kurang lebih hampir 35 orang yang sudah belajar di Kampung Inggris di Kediri,” ujarnya.

Sherman memaparkan, selain memberikan kursus gratis, program kampung Bahasa menjadi idolanya pemerintah daerah. Kampung bahasa merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan program kursus gratis.

“Alhamdulillah dengan pola seperti ini, di samping itu juga Pemda kemarin melakukan untuk memperkuat pelajaran Matematika dan IPA, Bahasa Inggis atau mata-mata pelajaran yang diujian nasionalkan. Maksudnya agar hasil ujian nasional itu bagus. Terbukti saat ini anak-anak di Boalemo yang akan dikirim oleh Provinsi Gorontalo ke Tingkat Nasional untuk mengikuti Olimpiade Matematika,” jelasnya.

Sementara itu, kata Sherman, Bupati Boalemo Darwis Moridu telah menganggarkan beasiswa bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan kuliah baik di dalam dan luar negeri.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan langkah Pemerintahan DAMAI untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu.

“Kita juga mengirim anak-anak Boalemo ke luar negeri yakni ke Cina dan Mesir. Kenapa ke Mesir? Karena mewujudkan visi religi. Visi religius yang diharapkan di tahun 2022 banyak alumni-almuni dari pada Mesir bahkan juga ada Madinah yang akan bergelar LC,” urai Sherman. (RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60