Pemkot Bontang belajar penanganan Stunting di Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan studi komprehensif di Kabupaten Gorontalo guna belajar penanganan stunting atau anak yang mengalami gangguan pertumbuhan menjadi kerdil, Rabu (24/9).

Kepala dinas Kesehatan Kota Bontang Baharuddin mengakui, pemerintah kabupaten Gorontalo berhasil menurunkan angka stunting secara signifikan.

“Kami ingin melihat dari dekat dan belajar di daerah ini dengan memboyong sejumlah pimpinan OPD terkait, dinas kesehatan dan kepala puskesmas se kota Bontang,” ucap Baharuddin.

Kondisi stunting di kota Bontang pada tahun 2017 berkisar pada angka 32, 4 % dan tahun 2018 turun menjadi 26 %, karena telah di intervensi dengan beberapa kegiatan.

“Semoga setelah studi disini, kami berharap penanganan stunting turun secara signifikan seperti yang ada di Kabupaten Gorontalo,” harapnya.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyambut baik kedatangan jajaran kota bontang di wilayah Kabupaten Gorontalo itu.

Menurutnya sejak awal pemerintah daerah kabupaten Gorontalo fokus melakukan penanganan penurunan stunting, selama tiga tahun terakhir.

“Masalah stunting diselesaikan secara terintegrasi dengan lintas sektor, bahkan melibatkan kaum ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi perempuan yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga,” jelas Nelson. (Wahyono/RL)