Tekan Penyebaran DBD, Dinkes Pohuwato Gelar Pekan PSN Di 13 Kecamatan

Dinkes Pohuwato

READ.ID – Meningkatnya kasus Demam Berdarah (DBD) di daerah menjadi perhatian semua pihak khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pohuwato, tercatat per Bulan Februari mereka mencatat ada sebanyak 119 kasus yang ditemukan tersebar di seuruh kecamatan.

Berdasarkan data yang ada, Dinkes Pohuwato mengeluarkan surat edaran kepada Pusat Kesehatan Mayarakat (Puskesmas) di 13 kecamatan yang ada. Untuk melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Hal itu, dilalukan agar semua pihak baik pemerintah sampai tingkat desa, petugas kesehatan. Juga masyarakat berperan aktif dalam memutuskan rantai penyebaran DBD.

“Diwajibkan seluruh Puskesmas bergerak aktif dalam kegiatan PSN, yang pencanangan di mulai pada hari ini pekan PSN,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengemdalian Penyakit Roys Gunibala, Jum’at (01/03/2024)

Selanjutnya, dijelaskan Roys, habitat larva nyamuk yang menyebarkan DBD utamanya berada di genangan air, olehnya. Dirinya, mengimbau agar masyarakat dapat membersihkan tempat-tempat genangan, baik air-air bersih yang telah tersimpan lama.

Dikatakan Roys juga, pekan PSN akan terus dilakukan sampai kasus DBD di Kabupaten Pohuwato berada di angka yang tidak mengkhawatirkan.

“Tidak ada cara yang ampuh memutus rantai penyebaran DBD, selain memberantas sarang nyamuk,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version