Tiga Kelompok Umur Potensi Calon Gubernur Gorontalo 2024

Gubernur Gorontalo 2024

READ.ID – Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada untuk memilih Gubernur akan digelar pada tahun 2024 mendatang bakal diisi oleh tiga kelompok umur.

Sejumlah tokoh-tokoh besar Gorontalo mulai digadang-gadang untuk jadi Gubernur pada Pilkada serentak 2024.

expo

Diantara tokoh Gorontalo yang digadang-gadang tersebut, jika dirunut dari usia, ada yang kini telah berusia 68 tahun dan yang paling muda berusia 45 tahun.

Tokoh Gorontalo yang paling senior adalah Roem Kono, kini menjabat Duta Besar Indonesia untuk Bosnia yang saat ini berusia 68 tahun.

Indra Yasin yang sementara menjabat Bupati Kabupaten Gorontalo berusia 67 tahun, Idris Rahim yang juga Wakil Gubernur Gorontalo kini berusia 67 tahun,.

Toni Uloli pengusaha dan politisi Partai Golkar telah berusia 62 tahun dan Marten Taha yang menjabat Wali Kota Gorontalo kini telah memasuki usia 62 tahun.

Nama-nama tersebut adalah tokoh Gorontalo yang sedang digadang-gadang menjadi Calon Gubernur yang berusia diatas 60 tahun.

Pada usia 50 tahun ke atas ada nama-nama tokoh seperti Rahmat Gobel kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI yang berusia 59 tahun, Nelson Pomalingo yang menjabat Bupati Gorontalo berusia 59 tahun,.

Dany Pomanto yang baru terpilih sebagai Walikota Makassar dengan usia 57 tahun, Idah Syaidah yang juga istri Gubernur Rusli Habibi dan kini menjabat sebagai Anggota DPR RI telah berusia 57 tahun.

Abdullah Gobel yang juga pengusaha dan dik dari Rahmat Gobel telah usia 54 tahun dan terakhir adalah Hamim Pou yang juga Ketua DPW Nasdem Gorontalo sekaligus Bupati Bone Bolango telah berusia 52 tahun.

Hal yang menarik ada pada tokoh-tokoh yang dianggap mumpuni baik dari kapasitas maupun kompetensi namun masih berusia dibawah 50 tahun seperti Syarif Mbuinga, mantan Bupati Pohuwato yang kini berusia 48 tahun.

Ada juga Elnino Mohi, anggota DPR RI yang berusia 47 tahun serta Eduart Wolok yang kini menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Gorontalo dengan usia 45 tahun.

Jika melihat data di atas, maka Pilkada Gubernur Provinsi Gorontalo pada tahun 2024 nanti, akan menjadi persaingan tiga generasi yaitu generasi yang berusia diatas 60 tahun, generasi yang berusia diatas 50 tahun dan generasi yang berada di bawah 50 tahun.