Jadi Tempat Rujukan Empat Kecamatan, Puskesmas Popayato Raih Predikat Paripurna

Pusat Kesehatan Masyarakat Paripurna

READ.ID – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Paripurna adalah akreditasi tertinggi dari Empat tingkatan, yaitu dasar, madya, utama dan paripurna, predikat tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Diketahui, dari hasil penilaian re-akrediatasi yang dilakukan pada bulan lalu, Popayato berhasil menjadi Puskesmas pertama di Kabupaten Pohuwato yang meraih predikat pratama.

Kepala Puskesmas Popayato, Danial W. Hanny Muliku, mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut, namun menurutnya akreditasi tertinggi itu bukan hanya sebatas prestasi, akan tetap juga menjadi dorongan untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi.

“Kami sangat bersyukur atas capaian, bahkan kami tidak menyangka bisa mendapatkan akreditasi tersebut, karena memang kami hanya menyiapkan segala persyaratan yang ada, sehingganya atas capaian itu menjadi dorongan bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi untuk masyarakat, dan hasil ini kerja kami bersama,”ungkapnya

Dikatakan Danial, Puskesmas Popayato menjadi puskesmas rujukan untuk pasien rawat inap di empat Kecamatan, yaitu Popayato, Popayato Barat, Popayato Timur dan Kecamatan Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Meski telah meraih predikat tertibggi, diakui Danial, Puskesmas Popayato masih ada kekurangan, namun hal itu mampu diatasi untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.

“Biasanya kami kekurangan oksigen, namun ini bisa diatasi dengan pinjamkan oksigen oleh puskesmas sekitar seperti popayato timur dan barat,”tuturnya

Sementara itu, atas capaian tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pohuwato, Fidi Mustafa menyampaikan, bahwa hal itu adalah bagian dari komitmen pemerintahan SMS dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Dijelaskannya, dalam visi Pemerintahan Saipul Mbuinga dan Suharsi Igrisa (SMS), kesehatan merupakan hal yang utama harus diwujudkan.

“Alhamdulillah ini adalah bentuk kerja pemerintah yang telah berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kesehatan dengan pemenuhan kebutuhan peralatan kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan,”bebernya, Jum’at (10/11/2023)

Lebih lanjut, Fidi berharap bukan hanya Puskesmas Popayato yang mendapatkan akreditasi paripurna namun juga puskesmas lainnya yang sementara dilakukan penilaian.

Ditambahkan Fidi, sejak tahun 2014 ini menjadi ketiga kalinya penilaian akreditasi puskesmas dan menjadi pertama kalinya puskesmas mendapatkan akreditasi tertinggi.

“Sudah tiga kali penilaian akreditasi, Alhamdulillah di zaman pak Saipul dan ibu Suharsi puskesmas mendapatkan akreditasi paripurna,”pungkasnya

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version