Kesbangpol Provinsi, Polda dan Binda Siap Sukseskan Pemilu 2019

READ.ID, – Sepekan lagi Pemilu tahun 2019 serentak digelar di seluruh penjuru Tanah Air. Menjelang pesta demokrasi tersebut Badan Ketahanan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo, Polda Gorontalo dan Badan Intelejen Nasional Daerah Gorontalo, perkuat sinergitas. Terlihat dari kegiatan sosialisasi dan optimalisasi peran FKDM, yang digelar Kesbangpol Rabu (10/04/2019) pagi tadi di Aula Kesbangpol.

Kombes Pol Sumarno, Kepala Direktorat Bimas Polda Gorontalo mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bagus, sebab bertujuan untuk memperkuat pemahaman terhadap generasi muda dan masyarakat, terkait pelaksanaan Pemilu tahun ini.

Khususnya dalam pelaksanaan Pemilu, Polda Gorontalo sendiri telah menugaskan 2/3 personil ke masing-masing wilayah, guna mengamankan pelaksanaan tahapan pemilu. Tidak terkecuali, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lingkungan masyarakat Gorontalo.

“Kewaspadaan dini yang harus dilalukan masyarakat, yakni terhadap gerakan-gerakan yang bisa mengancam keamanan setiap wilayah. Termasuk terhadap berita-berita Hoax, yang kerab disebarkan melalui media sosial,” terang Sumarno.

Sementara itu Muhamad Yusuf Latjuba, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Gorontalo menambahkan. Bahwa sukses tidaknya pemilu, sangat bergantung dari peran serta generasi muda dan masyarakat.

Sehingga melalui kegiatan tersebut Yusuf ungkapkan, organisasi masyarakat dan mahasiswa bisa menjadi mitra terdepan, khususnya dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

“FKDM ini sangat penting dalam mensukseskan Pemilu 2019, sehingganya kami sangat berharap ormas dan mahasiswa bisa menjadi corong, untuk mengajak masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada 17 April,” terang Yusuf.

Senada ditambahkan Lembang, Kepala Bagian Dukops Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Gorontalo. Dimana jauh sebelumnya, sudah banyak peristiwa yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sehingga sangat diperlukan peran masyarakat untuk membantu tugas dari aparat.

“Dibentuknya FKDM ini, guna melibatkan masyarakat untuk mendeteksi dini gejolak yang mungkin saja terjadi di masing-masing lingkungan masyarakat. Maka dari itu, dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun ini, saya berharap hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan ke masyarakat banyak,” tuturnya.*****

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.