Mengasah Kreativitas Siswa Lewat Lomba Karya Tulis Ilmiah

FOTO: Dokumen Dikbudpora

READ.ID,- Himpunan mahasiswa tehnik industri Fakultas Tehnik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengadakan event tahunan. Kegiatan ini sudah ke empat kali dilaksanakan. Acara tahun ini bertajuk ‘Industrial Engineering Technology Competition’ (IETC).

Kegiatan ini berbentuk lomba, seperti lomba Desain Mobil Pedesaan, Simulasi Sistem Industri, hingga Lomba Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK se-Provinsi Gorontalo.

“Untuk tahun ini IETC konsepnya diisi dengan Seminar dan lomba mulai dari tingkat lokal sampai nasional,” jelas ketua panitia, Muhammad Irsyad Monoarfa.

Panitia juga mengadakan lomba Karya Tulis Ilmiah, dengan mengangkat tema “Membangun Kreativitas dan Inovasi Terbarukan dalam membangun SDM dan SDA daerah”. Sebanyak 30 siswa yang jadi peserta. Masing-masing peserta menjadi 10 orang per tim.

“Jadi khusus untuk lomba karya tulis ilmiah ini kita kerja sama dengan Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo. Jadi informasi dan permintaan peserta yang dari sekolah-sekolah itu kita kerjasama dengan Dinas Dikbudpora,” tutur Irsyad.

Untuk karya tulis ilmiah sendiri, terbagi dalam 5 sub tema yakni Pariwisata, Pertanian, Pertambangan, Perikanan dan Otomotif. Pemenang lomba akan mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar 8 juta rupiah. Pemenang juga mendapatkan bonus khusus free entry saat penerimaan mahasiswa di UNG nanti.

Sementara itu Koordinator pelaksana, Muhamad Zalzaali Akbar Porindo, berharap momentum ini dapat lebih mempertajam wawasan keilmuan para siswa SMA/SMK serta dapat membangun generasi yang memiliki kerangka berfikir ilmiah dan sistematis menghadapi tantangan perkembangan zaman.****

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published.