Pemkab Gorontalo Utara Lakukan Persiapan Pilkades Serentak

Gorontalo Utara

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) melakukan segala persiapan dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Suleman Lakoro mengatakan, persiapan yang tengah dilakukan itu, salah satunya mengelar rapat terkait pembahasan bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gorut, dan Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Gorut, untuk saling tukar pendapat agar pilkades 2021 tersebut berjalan dengan baik tanpa ada masalah.

“Tujuan dari pertemuan ini untuk meminimalisir persoalan-persoalan menjelang pilkades serentak. Seperti contoh, kita belajar di pemilihan pilkades tahun-tahun kemarin yang banyak memiliki permasalahan hukumnya,” katanya Suleman, saat ditemui dilokasi rapat pembahasan di aula Kantor Dinas PMD Gorut, Selasa (3/8/2021) .

Suleman menuturkan, beberapa saran yang telah disampaikan pada rapat pembahasan itu akan segera di akomodir, karena saran tersebut telah diatur juga dalam Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).

“Namun, hal-hal yang sifatnya teknis yang belum tertuang di dalam kedua peraturan tersebut, itu akan di tuangkan di dalam juknis pilkades nanti,” tuturnya.

Suleman menambahkan, mengingat pilkades di Gorontalo Utara ini akan digelar di masa pandemi Covid-19, dirinya berharap pelaksanaan Pilkades serentak ini, harus mengedepankan Protokol Kesehatan (Protkes) yang ketat.

“Sepeti yang tertuang dalam peraturan menteri untuk setiap daerah, agar supaya 8% Dana Desa (DD) itu di alokasikan terhadap protkes di pilkades nanti,” tandasnya. (Adv/Nurhidayanti).