Pemprov Ziarah Makan Pahlawan Gorontalo

FOTO: Salman

READ.ID,- Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke-77 di Gorontalo diwarnai dengan Upacara ziarah makam pahlawan. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Istri Idah Syahidah dan Wakil Gubernur Idris Rahim serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan tabur bunga di makam pahlawan Nani Wartabone, di desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, (23/01/2019).

Komandan Resort Militer 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP. Ritiauw yang bertindak sebagai Inspektur upacara mengungkapkan, Upacara ziarah makam ini sebagai bentuk penghargaan masyarakat Gorontalo atas perjuangan Nani Wartabone dalam merebut kemerdekaan.

“Peringatan ini tidak hanya buat masyarakat Gorontalo tapi juga bangsa Indonesia, karena 23 Januari 1942 itu Gorontalo sudah merdeka, sudah lebih dulu berhasil melawan penjajahan Belanda. Kita hargai itu, sebab bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa pahlawannya”, ungkapnya.

Tanggal 23 Januari 1942 bagi masyarakat Gorontalo menjadi momen yang selalu dikenang. Pada saat itu, di Gorontalo muncul gerakan masyarakat di bawah pimpinan Nani Wartabone yang berjuang untuk melepaskan diri dari penjajahan Belanda.

Sebelum melakukan ziarah makam, Gubernur dan rombongan telah lebih dulu melaksanakan Upacara peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang berlangsung di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Gorontalo, di Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.****

Baca berita kami lainnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published.