Raker BKSU, Sekda Bolmut Sampaikan Pengembangan Potensi Wisata

Wisata Bolmut

READ.ID, Bolmut – Dalam Rapat kerja (Raker) program Badan Kerjasama Utara-utara (BKSU), Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani menyampaikan pengembangan potensi wisata. Potensi itu yang nantinya akan menjadi acuan dalam kerja sama pada program BKSU.

Raker digelar di Ruang Rapat Bupati Bone Bolango pada Selasa (23/02/2021). Pertemuan itu dipimpin langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bone Bolango, Ishak Ntoma.

Sebagaimana tindak lanjut dari kerja sama BKSU, peningkatan ekonomi di sektor parawisata, empat kabupaten menjadi geopat dalam upaya pertumbuhan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Bolmut menyampaikan beberapa catatan terkait pengembangan potensi wisata yang akan dikerjasamakan dalam BKSU.

“Dalam rangka mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengembangan potensi pariwisata khusus Kabupaten Bolmut yang akan dikerjasamakan dengan BKSU, salah satunya penyusunan rencana induk pembangunan parawisata kabupaten RIPPDAKAB bersama empat kabupaten/kota,” kata dia.

Selain itu, ada juga penyusunan kalender of event bersama BKSU dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Berikutnya program magang bersama pengelolaan parawisata dan program audiens bersama Mentri Parawisata Ekonomi kreatif dan seluruh Bupati yang terkait pada BKSU,” terang Sekda.

Menurutnya, semua pengembangan potensi pariwisata akan terwujud apabila ada dukungan serta komitmen anggaran pengembangan wisata. Baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusu (DAK).

Turut hadir dalam raker tersebut, Asisten I Setda Bolmut, Wakil Ketua DPRD Bolmut, Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Bolmut, Sekjen BKSU, Kadis Pariwisata empat Kabupaten Bolmut, Buol, Gorut serta Bonebolango serta OPD lainnya.

(SVG)