Reni Nalurita: Potensi SDM di Selorejo Perlu Digali

SDM di Selorejo

READ.ID BLITAR – Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur masih perlu digali. SDM yang pelu dikembangkan misalnya, tenaga terampil dibidang pertanian, perkebunan, industri rumah tangga, perbengkelan dan technologi informasi, merupakan modal awal untuk pembangunan.

Hal itu diungkapkan oleh Camat Selorejo,Dwi Reni Nalurita, kepada read.id di kantornya, Senin (2/11/2020). Nalurita menjelaskan, dimana Kecamatan Selorejo merupakan wilayah Kabupaten Blitar yang paling timur dengan jumlah penduduk berkisar 43.112 jiwa.

“Kemudian terbagi 10 desa, yang masing-masing desa mempunyai potensi yang sangat besar dalam pengembangan sumber daya manusianya,” ujarnya.

“Namun begitu, potensi yang ada di Kecamatan Selorejo sebetulnya masih banyak, akan tetapi masih dalam wujud embrio jadi belum secara penuh dikembangkannya,” tambah Nalurita.

Menurutnya, untuk pengembangan itu tidak serta merta bisa langsung jadi, namun harus secara bertahap. Karena ini merubah pola hidup masyarakat. Yang mana kata dia, mayoritas penghasilan masyarakat adalah bertani dan berkebun.

Untuk saat ini desa yang paling menonjol di Kecamatan Selorejo adalah desa Ampel Gading karena desa tersebut baru saja meraih juara nasional PROKLIM yang diselenggarakan oleh kementerian lingkungan hidup kategori utama.

“Di desa tersebut pemberdayaan masyarakatnya sangat luar biasa. Masyarakatnya hidup rukun. Potensi yang ada di Ampel Gading itu sangat banyak dan luar biasa. Banyak kejuaraan yang diperoleh desa tersebut,” tuturnya.

Nalurita berharap, untuk desa lain diwilayahnya bisa seperti desa Ampel gading. Karena, pihaknya disini cuma sebagai fasilitator dan motivator saja untuk pengembangannya tergantung desa masing masing.

Lalu ia menyebutkan, selain Desa Ampel gading ada desa yang potensinya bisa dikembangkan seperti Desa Pohgajih. ” Dengan aliran Sungai Brantas, desa tersebut akan mengembangkan wisata air. Ide tersebut tercetus ketika kita mengunjungi desa wisata Ikan Bader Bang yang ada di Kecamatan Binangun,” pungkas Nalurita.

(adv/kmf/didik)