Ryan Kono Dorong PPID Jadi Garda Terdepan Dalam Keterbukaan Informasi

Ryan Kono

READ.ID – Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono menyampaikan, keterbukaan informasi adalah hal yang sangat penting dalam mewujudkan negara Indonesia yang baik dan maju terlebih diera industri 4.0.

Hal ini dikatakan, Wakil Wali Kota Gorontalo saat menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Konsekuensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tahun 2021, di Aula DPRD Kota Gorontalo, Rabu (8/12/2021).

Menurut Ryan Kono, keterbukaan informasi publik sendiri, merupakan keharusan, semakin terbuka semakin baik, namun juga memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat jika digunakan secara tidak bijak.

Bahkan, bagi Wakil Wali Kota, dengan adanya keterbukaan informasi ini, menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju lagi sesuai dengan perkembangan yang ada.

“Olehnya, akses masyarakat terhadap informasi harus lebih ditingkatkan, terlebih diera industri 4.0 saat ini”, ujar Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut, Ryan Kono menegaskan, mengakses informasi merupakan hak seluruh masyarakat, sehingga informasi publik harus disajikan secara luas agar tersampaikan secara utuh.

Dirinya menambahkan, seiring dengan perkembangan era reformasi dan keterbukaan informasi publik, peran para pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) semakin strategis dalam melaksanakan pelayanan informasi publik.

Untuk itu, Ryan Kono menekankan, agar transparansi dalam hal tata kelola dengan pelayanan informasi publik berbasis online, mampu meningkatkan kepercayaan publik.

Tidak hanya itu, juga dibutuhkan adanya kesadaran diri dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota dan Pejabat PPID se-Kota Gorontalo dalam hal pengelolaan informasi yang tata kelolanya baik, serta akuntabilitas sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku, tambah Wakil Wali Kota.

Terakhir, Ryan Kono menyatakan, bahwa PPID merupakan garda terdepan dalam keterbukaan informasi.

“Tentunya, dengan tata kelola yang baik, kepercayaan masyarakat dapat terjaga dengan baik terhadap informasi publik yang diberikan oleh pemerintah”, pesannya.

(Rinto/Read)