DPRD Provinsi Gorontalo Harap Lulusan SMA/SMK Tahun 2021 Berkualitas

SMA/SMK Gorontalo

READ.IDKomisi IV DPRD Provinsi Gorontalo memastikan siswa lulusan SMA/SMK yang mengikuti ujian sekolah tahun 2021 mempunyai kualitas yang baik.

Kemudian juga memiliki kompentensi yang diharapkan sesuai dengan keahlian, baik di sekolah kejuruan maupun umum.

Hal ini menyusul adanya kebijakan pemerintah yang memberikan kewenangan kepada pihak sekolah, untuk melaksanakan ujian kompotensi dan menentukan kelulusan bagi para siswa.

Ini pertegas Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi, saat melakukan kunjungan kerja di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Senin (3/5/2021).

Menurut Sofyan, meskipun kelulusan para siswa ditentukan oleh pihak sekolah, namun harus tetap memperhatikan kualitas pendidikan itu sendiri.

“Sebab, hakekat ujian disekolah itu adalah mengukur keberhasilan proses belajar-mengajar, bukan lulus atau tidaknya,” tegas politisi Nasdem ini.

Dikatakannya, selain memastikan pelaksanaan ujian sekolah, pihaknya juga menyampaikan beberapa hasil temuan di sekolah di SMA/SMK, terkait sarana dan prasana untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, menyingung soal rencana pembelajaraan tatap muka yang akan dilaksanakan, Sofyan menjawab, jika hal itu akan diserahkan kepada pemerintah daerah masing-masing, melalui keputusan yang diambil dalam rapat Forkopimda nantinya.

“Yang pasti sebelum memulai pembelajaran tatap muka, dipastikan semua tenaga pendidik telah melakukan vaksin Covid-19,” tandasnya.

(Rinto/Read)