Jabat Kadis Infokom, Masran Rauf Segera Kerja Cepat dan Tanggap

READ.ID – Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Gorontalo Masran Rauf akan memperkuat sistem kelembagaan, dengan memfasilitasi para organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyampaikan dan menerima informasi publik.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kebenaran informasi yang sesuai fakta kepada masyarakat atas program kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.

Hal ini dikatakannya saat dihubungi usai dilantik sebagai Kepala Dinas Infokom Provinsi Gorontalo, Jumat (15/1/2021).

Masran menjelaskan tentang tugas dan fungsi pokok dari Dinas Infokom sendiri. Ia mengatakan dengan dipisahkannya Sub Bagian Bumas dan Protokol dari Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo dan bergabung di Dinas Infokom sudah sesuai dengan nomenklatur yang ada.

Sebab, berdasarkan peraturan yang ada, Biro Humas dan Protokol semestinya menjadi satu dinas yang mengikuti administrasi pimpinan sesuai organisasi perangkat kerja (OPK).

Dijelaskan lagi, terkait dengan tugas kehumasan memang seharusnya menempel pada dinas Infokom karena fungsinya yang relevan.

“Sedangkan untuk fungsi protokol, harusnya melekat pada Biro Umum dengan menjadi satu bagian administrasi yang dibawahnya ada kasubag protokol,” terang Masran.

Masran menambahkan, dengan dileburnya salah satu biro, maka pemerintah provinsi melakukan nomenklatur yang baru, dengan memisahkan antara biro hukum dan biro organisasi.

Selanjutnya, kata Masran, sejumlah staf pegawai yang sebelumnya berada di biro humas dan protokol, kini sudah di posisikan di biro organisasi tersebut.

“Nah, melihat kondisi ini, maka secara otomatis seluruh pejabat dan staf pegawai baik PNS maupun PTT dilebur di tiga tempat. Yakni Biro Organisasi, Biro Hukum, dan Dinas Informasi Komunikasi,” tambah Masran.

Masran berharap, dengan bertambahnya kekuatan baru, maka lengkaplah semua informasi-informasi layanan pubik di masyarakat yang sejalan dengan fungsi dan wewenang masing-masing.

Ia merasa optimis dengan meleburnya bagian humas yang masuk dalam dinas kominfo akan mampu memperkuat organisasi pemerintahan di Provinsi Gorontalo.

“Alasannya, keberadaan biro humas merupakan corong pemerintah, demikian juga dengan Dinas Kominfo. Namun, dengan masuknya bagian Humas dapat membuat ruang publiknya sudah lebih luas,” lanjut Masran.

Selain itu, Masran meyakini di Dinas Infokom telah terbentuk pegawai dan staf yang sudah berkompoten sesuai dengan keahlian. Ia menilai, dengan kehadiran bagian kehumasan akan menambah kekauatan fungsi dan tugas yang di kerjakan.

“Saya dengan jabatan baru sebagai pimpinan di Dinas Infokom, tinggal memoles sedikit, dengan satu orientasi, yaitu memberikan informasi layanan publik, sehingga segala hal yang terkait dengan kegiatan pemerintahan dapat diketahui oleh masyarakat,” bebernya.

Msran menegaskan, bagi masyarakat yang membutuhkan informasi yang valid, pihaknya akan menjelaskan segala informasi yang beredar di masyarakat baik yang hoax ataupun informasi lainnya.

“Artinya, melalui Dinas Infokom akan memberikan informasi secara cepat dan tanggap, sehingga masyarakat tidak digirin oleh informasi yang salah,” ucapnya.

Ia berharap masyarakat akan diberikan informasi yang baik dan benar, dengan dukungan data yang valid. Sehingga, tidak terjadi simpang siur seperti mengenai adanya informasi mengenai vaksinasi.

(Rinto/Read)