Merlan Uloli: SIPD untuk Pengawasan dan Evaluasi Layanan Publik

Merlan Uloli

READ.ID – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli mengatakan penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bertujuan untuk pengawasan dan evaluasi pelayanan publik.

pahlawan

Menurutnya SIPD sangat bermanfaat akan keberlangsungan pembangunan daerah, dimana dengan SIPD pemerintah mampu menjaga konsistensi perencanaan hingga ke tahap penganggaran akan terus terjaga.

“Tujuannya untuk meningkatkan dan memudahkan percepatan dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi pelayanan publik,” kata Merlan Uloli.

Hal tersebut disampaikan Merlan Uloli saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan coaching clinic penyusunan RKA-SKPD tahun anggaran 2022 Pemkab Bone Bolango yang dilaksanakan oleh Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango, baru-baru ini.

Merlan menjelaskan SIPD merupakan sistem informasi yang digunakan sebagai sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah, serta sistem pemerintahan daerah yang lain, termasuk sistem pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.

Wabup menuturkan kualitas perencanaan pembangunan dan anggaran sangat didukung oleh adanya kesediaan data dan informasi yang akurat dan lengkap.

Selain itu, menyangkut sumberdaya pendukung pembangunan, baik menyangkut sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun sumber daya energi yang ada, serta berbagai permasalahan yang dapat diajukan sebagai agenda dalam proses perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah dapat disajikan dalam SIPD.

Olehnya itu, kegiatan coaching clinic ini sangat penting dalam mengasah dan mengupdate kapasitas SDM perencana dalam mengaplikatifkan aplikasi SIPD.

“Saya berharap kegiatan inI dapat dilakukan secara rutin tiap tahunnya bagi para perencana hingga para pimpinan SOPD,” ungkap Merlan Uloli.

Pada kesempatan itu, Wabup Merlan menyampaikan apresiasinya atas kesediaan narasumber dari Pusdatin Kemendagri yang telah menyediakan waktunya untuk Kabupaten Bone Bolango dalam memberikan bimbingan di kegiatan coaching clinic.

“Insya Allah bapak-bapak narasumber dari Pusdatin Kemendagri selama di Bone Bolango masih bisa menikmati keindahan alam Bone Bolango. Salah satunya wisata hiu paus,” tandas Wabup Merlan Uloli. (Rully)